Sabtu, 18 April 2009

“PENYULUHAN PERIKANAN-II” Mahasiswa/i Program D-III Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Asahan.



Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Jumlah pulau mencapai 17.508 buah, serta memiliki garis pantai sepanjang 81.000 Km, merupakan garis pantai terpanjang kedua di Dunia setelah Canada (Dahuri, et al 1996). Wilayah pesisir dan lautan Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keanekaragaman sumber-daya alamnya, baik sumber daya yang dapat pulih  (seperti sumber daya perikanan, hutan mangrove dan terumbu karang) maupun sumber daya yang tidak dapat pulih (seperti minyak bumi, gas dan mineral). Indonesia di kenal sebagai negara dengan kekayaan keanekaragaman hayati (biodiversity) terbesar di dunia, karena memiliki ekosistem pesisir dan lautan seperti hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun yang sangat luas dan beragam.

Perguruan tinggi merupakan lembaga yang bertujuan mempersiapkan tenaga ahli dalam berbagai bidang yang kelak diharapkan menjadi pelopor, motivator, dan contoh ditengah-tengah masyarakat dalam menciptakan pembangunan yang lebih ideal. Selain itu perguruan tinggi juga memberikan pencerahan berpikir peningkatan daya nalar maupun sebagai ajang pengembangan kreatifitas bagi peserta didiknya dalam menghasilkan pemikir - pemikir yang handal, profesional, kreatif, inovatif, dan siap pakai. Dalam hal ini Program Diploma III Perikanan dan Kelautan Universitas Asahan turut bertanggung jawab mewujudkan tujuan tersebut diatas.

Untuk merealisasikan hal tersebut, memerlukan proses yang cukup panjang yang tidak melalui jalur pendidikan formal saja. Namun juga diperlukan kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, mentalitas yang tangguh dan kecintaan terhadap almater. Penyuluhan Perikanan adalah salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut, karena merupakan aplikasi pendidikan yang lebih spesifik dan bersentuhan langsung dengan media yang telah dijalani selama proses pendidikan. Program Diploma III Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Asahan yang mengkhususkan dirinya dalam dunia bahari dan perikanan menginginkan agar Mahasiswa/i mampu secara langsung mengaplikasikan ilmunya bagi masyarakat umum, khususnya petani ikan.

Tema kegiatan ini adalah : “Kucinta dan peduli petaniku, kalau bukan aku siapa lagi”.

Dengan tujuan :
1.    Mensosialisasikan Visi dan Misi Program akademik Diploma III Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Asahan.
2.    Memperkenalkan keberadaan Program Diploma III Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Asahan.
3.    Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan arti pentingnya ekosistem  lautan.

Adapun target :
1.      Para petani dapat memahami arti Perikanan dan Kelautan secara umum, khususnya baik mengenai  Budidaya maupun Teknologi-nya.
2.      Petani dapat mengetahui dan memahami Undang-undang dan Hukum Perikanan yang berlaku.
3.      Petani dapat mengatasi permasalahan-permasalahan teknis pada saat melakukan usaha Perikanan.
4.      Masyarakat umum.

Sistem dan Methode Training :
1.    Pelaksanaan disiarkan melalui media elektronik (Radio).
2.    Penyampaian materi bersifat analitis, pengembangan dan bersifat praktis dengan methode dialog.




                                  PANITIA PELAKSANA
                             PENYULUHAN PERIKANAN
        PROGRAM D-III PERIKANAN DAN KELAUTAN
                                 FAKULTAS PERTANIAN
                                 UNIVERSITAS ASAHAN




K E T U A                                                                S E K R E T A R I S




ZULI HARDANY                                               TRISNO SETIAWAN
NIM : 06050250                                               NIM : 06050247